Langsung ke konten utama

REFLEKSI JUMAT AGUNG KEMATIAN YESUS


Refleksi Jumat Agung Kematian yesus.

April 15/04/2022.





Ilustrasi Mengalami penderitaan di kayu salib.

 Refleksi april 04/15/2022.

Rimba Terpencil wone


Trimakasih Tuhan untuk pengorbananya

dan atas kasihnya untuk semua orang."

Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: “Ya Bapa, ke dalam tanganMu Kuserahkan nyawaKu”. Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawaNya” (Lukas 23 :46)


senja yang ungu mengantar Yesus ke Getsemane

segumpal duka mengendap dalam dada

ia melangkah tertatih-tatih sendiri

menembusi ambang malam yang sunyi

dalam semilirnya angin yang menepis

ia bertelut pada Bapa : Bapa, lepaskan cawan ini dari padaku

(sementara keheningan menggapai atas ruang waktu)

kemudian ia merunduk dan berdoa teramat pasrah:

Bapa, kehendakMu jualah yang jadi

malampun berangkat larut tatkala Yesus diserahkan Yesus berjalan ke Golgota

mengemban dosa dan nista umat dicinta

mahkota duri di kepala darah meleleh dari luka tiada lagi hosana menggempita

tiada lagi daun-daun palma yang dilambaikan penuh mesra adalah sedu-sedan perempuan mewarnai perjalanan dari bukit itu ia berseru ya Bapaku, ya Bapaku

mengapa kau tinggalkan aku dalam kesendirianku? mentari pun jadi kelam

bumi juga kelam segalanya hitam legam

kemudian : 

Bapa, sudahlah genap!

Jalan derita, jalan sengsara, tak seorangpun yang mau memimpikannya, menjadikannya sebagai obsesi, apalagi yang bersedia untuk menapakinya.

Siapapun akan selalu berupaya untuk menghindarinya, untuk menolak dan menjauhinya.

Orang tentu saja akan lebih suka untuk menelusuri jalan-jalan yang penuh sukacita, penuh tawa-ria. Ya hal itu sesuatu yang logis, biasa dan standar.

Namun Yesus justru memilih yang sebaliknya. Ia justru lebih suka meniti jalan sengsara, jalan derita.

Yesus lebih siap untuk menempuh jalan salib dalam rangka membebaskan dan menyelamatkan manusia dari belenggu dosa.

Alkitab mendeskripsikan dengan jelas dan lugas kesengsaraan yang dialami Yesus hingga saat-saat kematianNya.

Sejak awal sudah amat jelas bahwa Yesus memang memilih jalan salib, jalan derita dalam penyelamatan umat manusia.

Yesus menolak dengan tegas ketika murid-murid berupaya mengurung Yesus di gunung kemuliaan (Mat.17:1-13); Ia justru turun meninggalkan gunung itu dan merangkul penderitaan di Yerusalem.

Berulang kali murid-murid diberitahu oleh Yesus bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan meminum cawan penderitaan di kota itu (Mrk 8:31 dst).

Ia konsisten dan tegar dalam menghadapi penderitaan, Ia tidak lari dari penderitaan, Ia datang menyongsong dan merangkul penderitaan itu betapapun getir dan pahitnya karena komitmenNya yang besar bagi keselamatan umat manusia.23:25 dst).

Yesus tidak menyerah kalah oleh sinisme vulgar hujatan, dan sinisme. Pilihannya tidak berubah : jalan kematian mesti ditempuh agar manusia dapat menikmati kehidupan sejati, mengalami perspektif keakanan yang jelas dan kuat.

Kematian Yesus yang dalam kalender negeri berpancasila disebut “wafat Isa Alamasih” adalah kematian yang riil dan faktual, bukan sebuah kematian maya atau kematian artificial yang hanya ada dalam dunia ide.

Ia merasakan kesepian dan kesendirian tatkala mesti berhadapan dengan kematian.

Penderitaan dan kematian Yesus menginspirasikan beberapa hal bagi Gereja dan umat Kristen yang tengah menghidupi kekinian dunia.

Pertama, Yesus mengajarkan bahwa keberpihakan terhadap manusia dan komitmen untuk memberi perspektif masa depan baru bagi manusia, adalah segala-galanya.

Keberpihakan dan komitmen itu tidak boleh berhenti hanya sebatas slogan, jargon, program tetapi harus menjadi sesuatu yang riil dan operasional, 

Walaupun untuk mewujudkan semua itu kita harus menderita, kehilangan segala-galanya, bahkan kehilangan diri sendiri.

Kedua, Yesus tidak sekadar menjadi guru yang menunjukkan dan atau mengajarkan sesuatu, tetapi Ia sekaligus melaksanakan dan mempraktikkan apa yang Ia ajarkan itu.

Yesus benar-benar mempraktikkan sikap hidup yang inklusif ditengah perjalanan pelayananNya.

KematianNya yang rela dan ikhlas diatas kayu salib terarah bagi seluruh umat manusia, bukan hanya untuk segelintir orang.

Sikap iknklusif seperti itu yang seharusnya menjadi nada dasar dan gaya hidup dari Gereja-gereja di Indonesia, bahkan menjadi nafas hidup bagi masyarakat majemuk Indonesia, dalam kehidupan membangsa dan menegara.

Dalam roh inklusif itulah kita bersama bergandeng tangan berjuang membangun rumah besar Indonesia yang modern, adil, sejahtra dan berkeadaban, yang didalamnya semua orang dari berbagai suku, agama, etnik dan golongan dapat tinggal bersama dengan penuh persaudaraan, saling menghargai, tanpa rasa takut, curiga dan waswas.

Yesus Kristus mati di kayu salib, Ia menyerahkan nyawaNya kepada Sang Bapa tanda tugas pelayanan rampung.

Ia mati agar umat manusia Hidup. Hidup dalam atmosfir baru. Hidup dalam energi dan roh kudus yang kekal.

Spirit Jumat Agung harus memberi inspirasi bagi kita untuk merajut kembali tali persaudaraan sejati diantara warga Gereja bahkan diantara seluruh warga bangsa.

Selamat Memperingati Hari Jumat Agung. God bless."


Trimakasih Tuhan yesus atas pengorbanan dan kasih mu, bagi semua umat kristiani."



Mencoret:✍️

Rimba Terpencil wone.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mahasiswa stakpn pengabdian masjarakat

 Penulis : Amiles Kogoya Semester : v,c Tentang pengabdian masyarakat kemahasiswaan stakpn burere Sentani. SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN PROTESTAN ( STAKPN) BURERE SENTANI. Tiga fungsi utama perguruan tinggi melalui sistem metode mengajar  perguruan tinggi, yakni pengajaran/pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat), ini merupakan amanat Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012. Kontribusi perguruan tinggi dalam konteks peningkatan daya saing bangsa, diupayakan dan diwujudkan dalam dari ketiga  perguruan tinggi tersebut, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di perguruan tinggi merupakan kontributor yang paling diharapkan dalam rangka mewujudkan dan meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi globalisasi.  KAMPUS AGAMA KRISTEN PROTESTAN STAKPN BURERE SENTANI  memiliki visi yaitu:                          Visi                           Mewujudkan STAKPN Sentani Yang Oikumenis, Berkarakter, Unggul dan Berdaya Saing Dalam Menjawab Tantangan Zaman.                       M

BIDANG KEMAHASISWAAN PENGABDIAN MASJARAKAT (STAKPN) SENTANI.

  Pengabdian masjarakat  Stakpn sentani          Ilustrasi Profil.                     Kengiatan Mahasiswa di kampus                           Stakpn sentani tahun 2022. Tentang menulis : NAMA : AMILES KOGOYA  SEBAGAI BIDANG PENGABDIAN MASJARAKAT Kemahasiswaan (STAKPN) Burere sentani TUGAS DAN FUNGSI  pengabdian masjarakat kemahasiswaan Kampus(STAKPN) burere sentani Tiga fungsi utama perguruan tinggi melalui (tridharma perguruan tinggi, yakni pengajaran/pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat), ini merupakan amanat Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012. Kontribusi perguruan tinggi dalam konteks peningkatan daya saing bangsa, diupayakan dan diwujudkan dalam dari ketiga dharma perguruan tinggi tersebut, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di perguruan tinggi merupakan kontributor yang paling diharapkan dalam rangka mewujudkan dan meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi globalisasi. KAMPUS STAKPN BURERE SENTANI memiliki visi yaitu “Terwujudnya cendikiawan Kri